Logo Google dari Awal Hingga Saat ini (Lengkap)

3 min read

Google

Pada artikel kali ini saya akan sedikit membahas tentang pentingnya sebuah logo bagi sebuah usaha/bisnis. Bagi yang baru merintis bisnis/usaha miliknya, mungkin tidak terlalu memikirkan logo/branding dari bisnis tersebut.

Akan tetapi ketika bisnis tersebut sudah mulai terkenal, biasanya mulai untuk memikirkan logo, karena ini bisa menjadi sebuah tanda pengenal diri bagi sebuah lembaga. Maka dari itu saya menyarankan untuk menggunakan jasa desain logo terbaik agar mempermudah untuk menentukan logo seperti apa yang akan dibuat.

Sebelum itu saya akan sedikit membahas sebuah logo yang mungkin sering para pembaca lihat. Google, bisa saya pastikan bahwa para pembaca sekalian pasti semuanya tahu dengan logo ini, pada artikel kali ini saya akan membahas logo Google, langsung saja.

Sejarah Logo Google

Sejarah Logo Google
Source : inkbotdesign.com

Logo Google pada awalnya memiliki 2 tampilan awal. Pada tahun 1996, logo itu merupakan sebuah gambar tangan dan nama asli dari perusahaan, BackRub yang berwarna merah. setelah melakukan brandingย ulang ke Google. Perusahaan meluncurkan logo yang lebih simpel pada tahun 1998 yang bertuliskan “Google!” dalam dengan warna yang berbeda.

Tidak banyak orang yang mengetahui latar belakang perubahan menarik apa saja yang terjadi dalam logo Google, padahal logo ini adalah logo yang sangat terkenal. Dibawah ini adalah alur waktu perubahan logo Google dari waktu ke waktu, semua ini dimulai pada tahun 1996.

Logo Google Pertama (1996)

BackRub

Pada awal mula, nama Google sangatlah berbeda dengan yang sekarang. Nama yang digunakan awalnya bermaksud untuk mencariย back linksย melalui internet, nama ini dipilih oleh 2 orang pendiri Google itu sendiri yaitu Larry Page dan Sergey Brin.

Pada tahun 1997 menjadi lebih simpel dan yang kita ketahui sekarang ialah “Google”. Namun kata ini merupakan kesalahan dalam mengeja kata “googol”, dalam istilah tersebut merepresentasikan jumlah dari angka satu kelipatan 100 serta membersitkan bahwa informasi di internet dimulai dari angka satu sampai tak terhingga.

Ide dibalik nama Google’s search engine dapat dengan cepat memberi pengguna hasil dalam jumlah yang besar, atauย googolย dari hasilnya.

Logo Google (1997-1998)

Logo Google(1997)

Pada tahun-tahun inilah logo Google mulai memasuki tahapan benar-benar bisa disebut “Google”, dikarenakan logo ini telah resmi diluncurkan pada server Santford. Pada saat itu Google logo muncul dengan berbagai pengaturan yang berfungsi untuk mengidentifikasikan perusahaan mesin pencari.

Logo Google 1998

Bisa dibilang Google adalah perusaan yang sering mengganti logonya, akan tetapi tidak terlalu berubah sebenarnya. Sepertinya Google percaya bahwa sebuah logo dapat berpengaruh dalam hal keberuntungan.

Logo Google (1998-1999)

Logo Google(1999)

Pada tahun ini Google akhirnya resmi, dan akhirnya memiliki domain yaitu google.com yang dirilis beta keseluruh dunia. Larry Page dan Sergey Brin memakai logo ini untuk proyek kelulusan mereka di Universitas Standford.

Antara 199 hingga 2013, Ruth Kedar merancang logo Google ketiga dengan sedikit modifikasi yang tidak lain ialah, sebuahย wordmarkย yang memiliki dasar pada jenis hurufย catull, sebuah jenis huruf gaya lama yang dirancang oleh Gustav Jaeger untuk berthold jenisย foundry pada tahun 1982.

Selain menukarkan warna huruf “G” kapital yang terdapat di logo. Google juga mengganti warnanya menjadi biru yang pada awalnya hijau, dan pada akhirnya ditambahkan tanda seru yang berwarna biru, urutan warna inilah yang digunakan logo Google hingga saat ini.

Logo Google (1999-2010)

Logo Google(2010)

Semenjak 31 Mei 1999, lebih tepatnya 10 tahun setelah logo pertama dirilis, pada tahun 2010, logo Google melakukan perbaikan besar pertama.

Pada logo kali ini memakai jenis huruf yang lebih identik dengan logo yang dibuat sebelumnya pada tahun 1998, akan tetapi huruf “o” diubah warnanya agar lebih jelas yang sebelumnya lebih ekuningan,efekย shadownya pun dibuat agar lebih halus.

Logo Google (2010-2013)

Google Logo(2013)

Logo Google kembali diubah pada tanggal 19 September 2013. Pada saat inilah Google mulai memperkenalkan logo 2 dimensinya, atau yang bisa dibilang flatย dengan kontras warna yang sedikit diubah, ini adalah logo flatย pertama Google.

Logo Google ini berakhir pada 1 September 2015, 2 tahun setelah dipublikasikan. Warna dari Logo ini mulai semakin cerah dan efek bayangnya mulai dihilangkan.

Pada 24 Mei 2014 Google juga memperbarui Logonya, pada pembaruan kali ini font yang di gunakan pada huruf “g” dan “l” mendapatkan perubahan. Logo Google sebelumnya (2010) masih digunakan pada beberapa halaman.

Logo Google (2015-Sekarang)

Google Logo(2015)

Pada 1 September 2015, Google memperkenalkan “logo baru dan identitas keluarga” yang direncanakan untuk digunakan diseluruh perangkat. Logo baru yang dirancang ini diharapkan mendapat tampilan bagus di segala perangkat dari yang luas hingga yang sempit.

Logo ini juga menjadi salah satu bagian dari keluarga baru yang meliputi pusat-pusat Google dan Ikon “G”, terdapat 3 jenis logo Google 2015 : Google G (ikon huruf G), Google Logotype dan Dots (titik-titik).

Jenis-jenis Logo Google

  • Google G : Versi sederhana dari logog Google yang bekerja dalam hal kecil
  • Dotsย : Logo Google yang bertujuan membantu user.
  • Google Logotype : Sebuah Logotype sans serifย yang menjaga kelestarian warna khas Google.

Google Doodles

Pada peristiwa besar ataupun bersejarah, perusahaan Google telah merancang logo Google agar selaras dengan peristiwa tersebut. Semisal seperti logog Google akan dibuat menjadi logo kartun sedemikian rupa untuk peristiwa-peristiwa seperti hari raya, hari kemerdakan, hari wafat atau hari kelahiran.

Google Doodle pertama kali dibuat adalah untuk menghormati Burning Man Festival tahun 1998. Logo ini dirancang langsung oleh Larry Page serta Sergey Brin untuk memberitahukan pengguna karena tidak hadirnya mereka dalam suatu peristiwa sever yang mengalami masalah.

Setelah itu Google Doodles dikerjakan oleh kontraktor luar, sampai pada suatu saat Larry dan Sergey akhirnya meminta Dennis Hwang agar merancang logo untuk Bastille Day pada tahun 200, dan akhirnya Hwang menjadi perancang tetap hingga saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *