Pembuka Ceramah (Cocok Untuk yang Baru Belajar)

Pembuka Ceramah – Ceramah adalah sebuah pidato yang memiliki tujuan untuk memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audien yang bertindak sebagai pendengar.

Berbeda dengan pidato ceramah dapat dilaksanakan kapan saja, tidak ada hukum dan syaratnya, tidak ada mimbar tempat khusus pada pelaksaannya, waktunya juga tidak dibatasi dan siapapun boleh berdakwah, bisa dilakukan dengan cara kreatif dan inovatif seperti (seminar, lokakarya, pelatihan, atau sarasehan).

Sedangkan dalam kamus besar bahasa Indonesia, ceramah adalah pidato yang memiliki tujuan untuk memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk, sementara ada audien yang berperan sebagai pendengar.

Dengan melihat kepada pengertian tadi, ceramah bisa juga diartikan sebagai bentuk dari dakwah melalui lisan yaitu dakwah yang berarti menyampaikan ajaran-ajaran, nasehat, mengajak seseorang (bil-kalam ).

Bagi pembaca yang belum pernah mencoba membawakan ceramah biasanya akan merasa gugup saat berceramah nantinya.

Karena pada saat itu pembaca sekalian di tuntut untuk menyampaikan sesuatu di depan publik. Pertama akan di awali dengan pembukaan ceramah (mukadimah), isi ceramah, dan terakhir penutup ceramah.

Ceramah biasa dimulai dengan pembukaan, biasa menggunakan umumnya menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Arab  dan ada pun yang menggunakan bahasa Inggris. Sebenarnya bisa juga menggunakan bahasa-bahasa yang lainnya asalkan sudah bisa faseh dalam pengucapannya.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan semua yang berhubungan dengan ceramah termasuk pembukaan ceramah. Kali iniakan kita awali dengan pengertian, jenis dari ceramah, pembukaan hingga macam-macam jenis ceramah.

Adanya beberapa contoh kalimat pembukaan ceramah yang sudah saya rangkum di bawah ini, kalian bisa mengikutinya sesuai dengan suasana yang sedang pembaca hadapi. Berikut adalah penjelesanya dan juga gambar.

Jenis-jenis Ceramah

Ceramah memilik 2 kriteria, 2 kriteria ini sering kita jumpai dan dengarkan di kajian-kajian yang sering diadakan di masjid-masjid atau taklim, yaitu ceramah umum dan khusus.

Berikut 2 kriteria ceramah tersebut :

  1. Ceramah adalah sebuah pesan yang memiliki tujuan untuk memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audien yang berperan sebagai pendengar. Umum adalah semua atau untuk siapa saja, khalayak ramai, masyrakat luas, atau yang biasa dilazimi.
  2. Pengertian ceramah sudah dibahas seperti yang diatas, akan tetapi kali ini akan dibahas pengertian dari ceramah khusus, yang mana khusus adalah tersendiri, istimewa, tidak ada yang lain. Jadi ceramah khusus berarti ceramah yang memiliki tujuan untuk memberikan nasehat-nasehat kepada para audien atau khalayak tertentu dan juga bersifat khusus baik itu materi maupun yang lainnya. Sedangkan dalam ceramah khusus ada batasan-batasan yang dibuat mulai dari para audien yang sesuai dengan yang diminta dan materinya juga menyesuaikan dengan keadaan. Contoh : Peringatan hari besar islam (PHBI) seperti Isra’miraj, Maulid Nabi Muhammad SAW, bulan puasa dan hari-hari islam besar lainnya.

Seperti itu garis besar dari 2 kriteria ceramah yang saya bahas dalam artikel ini.

Contoh-Contoh Pembuka Ceramah

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita sering kali dihadapkan dengan masalah pidato yang berbasis agama atau khutbah. Jika kita pernah belajar atau bersekolah di Ma’had atau pondok pesantren mungkin ini bukanlah masalah besar bagi kita.

Akan tetapi, jika kita tidak pernah belajar di Ma’had masalah ini mungkin adalah sebuah masalah yang besar. Kebanyak orang biasanya ada yang ingin mengelak dari tugas atau amanah semacam ini. Malah terkadang ada yang sakit mendadak atau biasa kita sebut demam panggung bila mendapat tugas semacam ini.

Akan tetapi ini yang disebut dengan sebuah proses, tanpa melewati bagian ini kita tidak akan bisa melangkah maju. Maka jangan disia-siakan tugas ini, hitung-hitung bisa buat melatih public speaking kita di depan umum, kapan lagi bisa berbicara didepan umum.

Jadi yang akan saya bahas di artikel kali ini adalah sedikit tentang pembukaan ceramah yang singkat dan mudah di hafal. Tentunya dengan pembukaan ini, ceramah pembaca akan menjadi lebih menarik dan menghipnotis para audien. Berikut beberapa contoh pembuka ceramah yang mudah dihafalkan.

Pembuka Ceramah dengan Memuji Allah :

Assalamualaikum

Segala hanyalah milik Allah semata, karena berkat nikmat hidayah, inayah dan karunianya sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul dalam acara mauled nabi ini dengan keadaan iman dan islam. Karena tanpa kedua nikmat ini, segala kegiatan yang kita lakukan tidak akan bernilai dihadapan Allah.

Dan perlu kalian semua ketahui, nikmat islam ini tidak diberikan kepada semua orang. Oleh karena itu kita selaku orang yang beriman kita harus senantiasa bersyukur, karena Allah telah menanamkan keimanan itu dihati kita.

Dengan begitu kita termasuk seorang hamba yang dipilih Allah, dan Allah juga menginginkan kita menjadi manusia yang baik. Karena dalam sabda Rasulullah beliau menyebutkan “Siapa yang dikehendaki baik oleh Allah maka dia akan difahamkan tentang perkara agama”

Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap dilimpahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Karena berkat perjuangannya lah kita dapat menikmati manisnya islam yang masih bisa kita rasakan dan kita perjuangankan hingga hari, menit dan detik ini.

Contoh Pembuka Ceramah Tentang Ramadhan :

Assalamualaikum

Alhamdulilah segala puji kita haturkan kehadirat Allah yang Maha Kuasa. Karena berkat bimbingannya lah kita masih dipertemukan dengan bulan yang berbarokah ini. Bulan diturunkannya Al-Qur’an dan bulan penghapus dosa syarul Mubarak.

Karena tanpa nikmat adanya nikmat dari Allah, mustahil kita dapat mengijakkan diri kita pada bulan yang berbahagia ini. Dan dengan datangnya bulan ini, semoga menjadi bulan perbaikan, bulan penambahan amal baik kita.

Karena salah satu keutamaan bulam ramadhan adalah pintu-pintu neraka akan ditutup serapat-rapatnya dan pintu surge akan dibuka selebar-lebarnya dan para setan akan dibelenggu. Demikianlah salah satu sabda yang disampaikan oleh orang yang paling mulia di muka bumi ini yaitu Nabi Muhammad.

Marilah kita meningkatkan ketaqwaan kita di sisi Allah, karena salah satu moment yang tepat untuk berbenah yaitu datangnya bulan ramadhan.

Semoga shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad. Manusia mulia yang telah memperjuangkan islam ini dari jaman jahilihan menuju jaman yang islamiah ini. Yang selalu kita rindukan syafaat dan pertolongannya di hari kiamat kelak. Dan kita selalu berharap agar beliau mengakui kita sebagai umatnya.

Contoh Pembuka CeramahTentang Idul Fitri :

Assalamualaikum

Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar

Alhamdulillah segala puji hanya milik Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Salah satu bentuk kasih sayang Allah pada manusia yaitu dengan menurunkan bulan ramadhan sebagai bulan pembersihan. Kita telah berpuasa selama 30 hari, sholat tarawih dan amalan lainnya selama 1 bulan, semoga Allah menerima amal ibadah kita di bulan ramadhan kemarin. Amin

Setelah melakukan ibadah puasa selama 30 hari atau lebih tepatnya 1 bulan penuh. Pada hari ini kita dikumpulan Allah di masjid yang berbarokah ini untuk melaksanakan ibadah sholar Idul Fitri. Semoga dengan berkumpulnya kita disini, semoga Allah memperkuat hubungan ukhuwah kita.

Seperti yang kita ketahui, pada hari ini kita dianjurkan untuk saling bersilaturahmi kepada setiap saudara kita. Kita saling meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah kita lakukan kepada mereka. Dan Idul Fitri adalah salah satu hari kemenangan umat islam, karena umat islam telah berhasi memerangi hawa nafsu mereka dengan berpuasa ramadhan. Yang kedua, tak lupa shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad. Seorang manusia mulia yang pernah menginjakkan kakinya di muka bumi ini. Karena kita rindu bertemu dengan beliau, kita selalu berusaha meniru setiap perbuatan beliau. Menghafalkan setiap perkataan beliau dan menghormati setiap diamnya beliau.

Cukup sampai disini artikel untuk pembuka cerama lengkap dengan penjelasannya. Semoga artikel kali ini dapat menambah sedikit ilmu kita dan bermanfaat bagi para pembaca.

Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar biar saya makin semangat untuk update artikel-artikel terbaru dan juga cerita-cerita pengalaman saya.

Jangan lupa untuk share artikel ini agar dapat dibaca banyak orang, hitung-hitung bisa menambah ilmu kita dan juga bisa saling berbagi pengalaman hidup kita, sampai jumpa di artikel berikutnya!!! seee yaaaaa.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *